Powered By Blogger

Jumat, 11 November 2016

Makin Sering Menatap Layar Ponsel, Kualitas Tidur Makin Mengkhawatirkan



Jakarta, Seberapa sering manusia modern menggunakan ponsel dalam keseharian? Yang pasti, penelitian membuktikan bahwa paparan cahaya dari layar ponsel besar pengaruhnya pada kualitas tidur.

Demikian yang terungkap dalam sebuah penelitian di jurnal PLoS ONE. Para ilmuwan dari Flinders University yang melakukan penelitian itu menemukan bahwa ketergantungan manusia modern terhadap ponsel sudah mengkhawatirkan.

Pengamatan selama 30 hari menunjukkan rata-rata seseorang menghabiskan waktu 38,4 jam untuk menatap layar ponsel. Ini berarti setara dengan 1 jam 29 menit setiap hari. Makin muda usia seseorang, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan ponsel cenderung semakin lama.

Seperti yang terungkap dalam berbagai penelitian terdahulu, hasil penelitian ini juga menegaskan kaitannya dengan kualitas tidur. Paparan ponsel membuat manusia modern membutuhkan waktu lebih lama untuk jatuh tertidur, dan lebih sedikit total waktu tidurnya.

Baca juga: 
Studi: Sulit Lepas dari Media Elektronik, Tidur Remaja Jadi Taruhan

Paparan cahaya ponsel berhubungan dengan produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab pada siklus rasa kantuk. Kekurangan hormon melatonin menyebabkan siklus tidur berantakan.

Namun seperti dikutip dari Livescience, Jumat (12/11/2016), penelitian ini tidak menyimpulkan adanya hubungan sebab akibat. Bisa jadi lamanya menggunakan ponsel memang mengganggu tidur, tapi bisa juga penggunaan ponsel jadi lebih lama justru karena tidak bisa tidur.

Baca juga: 
Terserang Smartphone Blindness, 2 Orang Ini Mendadak Buta Sebelah(up/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar