Powered By Blogger

Senin, 23 Maret 2015

Kekurangan Vitamin D Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe-2 dan Aterosklerosis

Jakarta, Kekurangan vitamin D seringkali dikaitkan dengan risiko terjadinya diabetes tipe-2 dan penyakit jantung. Dua penyakit tersebut disebabkan karena terjadinya peradangan kronis yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan penumpukan plak yang menyumbat arteri.

Penelitian terbaru dari Washington University School of Medicine di St Louis menunjukkan bahwa vitamin D berperan penting dalam mencegah peradangan yang dapat menyebabkan kedua penyakit tersebut.

Penelitian yang telah dipublikasikan pada the journal Cell Reports ini dilakukan pada tikus laboratorium yang tidak memiliki kemampuan untuk memproses vitamin D dalam sel kekebalan tubuh. Kemudian, tikus-tikus ini dibuat kelebihan glukosa, resisten terhadap insulin, dan meningkatkan akumulasi plak di pembuluh darah mereka.

Baca juga: Bisa Dapat Vitamin D, Tidak Apa-apa Kok si Kecil Main di Luar Rumah 

"Kami menemukan bahwa vitamin D dapat membantu mengatur metabolisme glukosa sehingga hal ini dapat menjelaskan penelitian sebelumnya terkait peningkatan risiko diabetes pada pasien dengan defisiensi vitamin D," tutur Carlos Bernal-Mizrachi, MD, seorang profesor kedokteran dan biologi-fisiologi sel.

Selain itu, studi yang didanai oleh National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI) serta beberapa institusi terkait ini menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat merubah sel imun menjadi sel pengangkut lemak.

"Menonaktifkan reseptor vitamin D pada monosit dan makrofag dapat mengakibatkan peradangan liver juga pada dinding arteri. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan kemampuan monosit dalam darah untuk bermigrasi ke dinding pembuluh darah, tempat mereka menyimpan kolesterol dan mengeluarkan zat inflamasi yang dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung," ujar Bernal-Mizrachi yang dikutip dari ScienceDaily, Senin (23/3/2015).

Baca juga: Kurang Asupan Vitamin D Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar