Powered By Blogger

Sabtu, 28 Maret 2015

Rasa Sakit Ternyata Bisa Dikurangi dengan Menyilangkan Jari Lho!

London , Dalam sebuah studi yang meneliti kerja sinyal saraf otak, ilmuwan dari University College London (UCL) menemukan ada cara unik untuk menekan rasa sakit seseorang. Hanya dengan menyilangkan dua jari rasa sakit seseorang dilaporkan bisa berkurang.

Peneliti menginduksi rasa panas tak nyaman pada jari tengah subjek yang kemudian dikonfirmasi bisa berkurang ketika disilangkan ke jari telunjuknya. Peneliti mengatakan perubahan posisi jari ini tampaknya menghambat sinyal ke otak yang memberitahu rasa sakit.

Baca juga: Aktivitas Sel Otak Berubah Akibat Ponsel 

Meski tes hanya dilakukan pada jari saja, peneliti mengatakan kemungkinan efek yang sama juga bisa dirasakan pada bagian tubuh yang lain.

Dalam laporan yang telah dipublikasi di jurnal Current Biology peneliti menyimpulkan bahwa penataan ruang sederhana pada jari-jari dapat menentukan seberapa besar rasa sakit yang dirasakan seseorang. Penulis studi Profesor Patrick Haggard mengatakan temuan ini mungkin dapat membantu menjelaskan mengapa setiap orang menilai tingkat rasa sakit berbeda-beda.

"Banyak orang menderita sakit kronis dan tingkat rasa sakit yang dialami bisa lebih tinggi dari yang diharapkan dari kerusakan jaringan yang sebenarnya," ujar Haggard seperti dikutip dari situs resmi universitas,
 ucl.ac.uk, pada Sabtu (28/3/2015).

"Penelitian kami adalah ilmu laboratorium dasar, tapi hasil ini memunculkan kemungkinan menarik bahwa rasa sakit dapat dimanipulasi dengan memberi stimulus tambahan dan dengan memindahkan satu bagian tubuh relatif dengan bagian tubuh lainnya," lanjut Haggard.

Baca juga: Jangan Palingkan Muka Agar Tak Sakit Saat Disuntik 

Haggard mengatakan bahwa perubahan posisi anggota tubuh juga mengubah pola sinyal interaksi pada saraf. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa seseorang bisa merasakan sedikit rasa sakit atau justru lebih dengan stimulan yang sama.

(fds/up)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar