Powered By Blogger

Sabtu, 16 Mei 2015

Ini Risikonya Bila Berlebihan Konsumsi Obat Maag

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang. Penyakit ini muncul akibat gaya hidup tak sehat seperti pola makan yang tak sehat dan tak teratur, serta stres.

Nah, saat penyakit ini terasa, kebanyakan orang memilih untuk mengonsumsi obat maag jenis antasida yang banyak dijual bebas untuk menentralisasi asam lambung.

Namun, tahukah Anda bahwa ada bahaya yang mengintai bila terlalu sering atau berlebihan mengonsumi obat ini? DR. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB dari FKUI/RSCM  mengatakan meski aman dikonsumsi, antasida bisa menyebabkan sembelit (konstipasi) bila digunakan secara berlebihan atau dalam jangka panjang.

“Antasida memang salah satu jenis obat yang menyebabkan sembelit, karena ada unsur amonium hidroksida dan magnesium hidroksida. Makanya konsumsi obat ini tidak boleh berlebihan,” jelasnya di Jakarta, belum lama ini.
 

Lantas, kapan saat yang tepat menghentikan konsumsi obat tersebut agar tak sembelit? Ari mengatakan bila asam lambung tidak juga mereda setelah beberapa hari mengonsumsi antasida, maka penggunaan obat tersebut harus dihentikan.
 

“Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan jenis obat lain yang lebih aman,” imbuhnya.

Sementara untuk mencegah munculnya gejala sakit maag, Ari menerangkan, selain menjaga pola makan, mengontrol stres juga penting untuk diperhatikan.
 

"Stres membuat produksi asam lambung menjadi berlebihan. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan lambung seperti perih, kembung, cepat merasa kenyang, dan sering bersendawa," tutupnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar