Powered By Blogger

Senin, 13 April 2015

Makanan Pembangkit Mood

Perlu semangat untuk menjalani hari Anda? Makanan yang tepat dapat membuat Anda lebih bersemangat, apalagi jika memulainya dengan sarapan berenergi!

Ubi Jalar
Makanan yang pertama ada dalam daftar ini adalah ubi jalar. Tidak hanya mudah didapat, namun makanan sederhana ini juga kaya akan serat dan bisa membantu mempertahankan kadar gula darah.

Kacang

Kacang kaya akan protein, mineral (terutama selenium), dan lemak omega-3. Kacang pun mengandung vitamin E dan antioksidan untuk memerangi penat karena kerjaan yang menumpuk. Selain memperbaiki mood Anda, kacang-kacangan dianggap sebagai makanan yang mencerdaskan karena tinggi lemak omega-3. Omega-3 membantu meningkatkan aliran darah dalam otak. Untuk itu, makan lah kacang setiap hari karena menyehatkan tubuh dan menjernihkan pikiran.

Telur Ayam

Telur ayam dipercaya bisa meningkatkan mood karena kaya akan nutrisi. Dalam sebutir telur, kita mendapatkan omega-3 asam lemak, seng, vitamin B, dan iodide. Nah, zat-zat ini bagus sekali untuk kesehatan otak. Makanan yang satu ini bisa membuat kita merasa nyaman. Selain itu, telur juga mengenyangkan perut dan menambah energi.

Yoghurt

Yoghurt merupakan sumber asam amino esensial triptofan yang baik, zat tersebut dapat membantu meningkatkan kadar serotonin (hormon untuk rasa bahagia) di otak. Para peneliti dari Toronto University juga menemukan bahwa bakteri probiotik Lactobacillus casei yang ditemukan pada beberapa jenis yoghurt bisa menguragi rasa cemas, dan membantu Anda menenangkan pikiran.

Bayam

Bayam tidak saja bagus untuk menambah jumlah sel darah merah Anda, namun juga bisa membantu Anda yang sedang kesulitan untuk fokus. Jika Anda merasa lemah, lesu, atau Anda merasa hampir tidak bisa membuka mata, maka makanlah bayam. Bayam mengandung asam folat yang bisa mengurangi kadar homocysteine, yaitu senyawa kimia yang bisa merusak pembuluh darah yang akan mengganggu aliran darah dan nutrisi ke otak. Akibatnya, sirkulasi darah melemah, karena tingkat inersia meningkat dan menyebabkan masalah pada memori. Selain bayam, semua jenis sayuran berdaun hijau lainnya juga membantu mengurangi inersia. Kentang, jagung, kacang polong, buncis dan jamur, juga merupakan makanan yang kaya akan asam folat.

Coklat Hitam

Coklat adalah makanan nomor satu yang orang cari ketika sedang merasa stres. Pilihan Anda yang satu ini tidak salah, karena setelah makan beberapa gigitan cokelat Anda akan merasa lebih tenang. Khususnya coklat hitam, yang mengandung senyawa yang dalam waktu singkat akan mengurangi tingkat hormon stres atau yang disebut kortisol dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, ketika Anda merasa stres atau mengalami penurunan mood, ambilah coklat hitam, dan tugas-tugas Anda terselesaikan dengan sukses, tepat waktu dan menyenangkan.

Air Kelapa

Siapa sih yang bisa menolak segarnya sari kelapa? Minuman yang banyak dijual ini memang bisa menjadi pelepas dahaga dengan cepat. Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis untuk menjadikannya minuman penambah semangat.

Buah Berry

Buah berrie sangat efisien terhadap depresi, karena banyak mengandung antioksidan yang dapat mendukung fungsi otak serta meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, buah ini juga akan mempromosikan energi positif, yaitu akan merangsang produksi “enzim feel good” di otak. Dan manfaat baik lainnya adalah juga dapat mencegah berbagai penyakit fatal seperti kanker. Tingginya jumlah antioksidan dalam buah ini juga berguna untuk mencegah oksidasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas, serta mencegah penuaan dini. Dengan kata lain, Anda harus mengganti popcorn dengan blueberry ketika menonton TV, atau ketika Anda merasa sedih – Anda tidak hanya akan tetap fit dalam jangka panjang, tetapi juga Anda akan merasa lebih bahagia!

Salmon

Asam lemak omega-3 yang ada didalam salmon mengandung DHA, asam lemak penting untuk mengembangkan dan melindungi serat-serat saraf dalam otak. Salmon juga memiliki iodin yang tinggi, yang dapat meningkatkan mental.

Selai Kacang

Mudah marah atau tersinggung bisa menjadi salah satu indikasi tubuh yang sedang membutuhkan tambahan bahan bakar. Hati-hati untuk mengatasi hal itu, lakukan dengan cara yang benar, bukannya dengan makan makanan yang justru akan membuat penurunan gula darah secara signifikan satu jam setelah makan. Solusinya adalah dengan menggabungkan karbohidrat dan protein. Karbohidrat adalah sumber energi yang mudah dibakar tubuh, tetapi jika Anda menambahkan lemak atau protein, maka akan memperlambat pencernaan Anda dan menjaga tingkat gula darah stabil untuk sementara waktu. Kombinasi yang terbaik adalah apel dengan selai kacang. Tidak hanya lezat, tetapi kombinasi ini akan memberikan Anda banyak energi untuk waktu yang cukup lama.

Buah Bit

 Apakah Anda merasa lesu karena kurang tidur atau hanya merasa lesu, minum jus bit dapat menghidupkan kembali energi Anda. Ubi bit memiliki kadar gula tinggi dan banyak nutrisi berenergi seperti magnesium dan vitamin C. Lebih jauh lagi, para peneliti di University of Exeter menemukan bahwa jus ubi bit memungkinkan orang berolahraga kembali hingga 16 persen.

Tomat


Buah yang satu ini bisa mengurangi stres dan mencegah terjadinya depresi. Likopen yang terkandung di dalamnya berfungsi melindungi lemak otak vital. Nutrisi tomat juga bisa mencegah terjadinya penumpukan protein kotor di otak. Kalau otak kita nggak sehat, pastinya pikiran positif nggak akan bisa muncul.

Kerang

Kerang memiliki tingkat kandungan vitamin B12 yang tinggi dan berfungsi melindungi otak. Disamping itu, makanan laut ini juga memiliki nutrisi penting seperti zinc, yodium dan selenium yang mampu menyeimbangkan mood Anda. Senyawa tersebut sangat penting untuk menjaga kadar tiroid Anda dan mengatur suasana hati menjadi lebih baik.

Teh Hijau

Teh hijau telah digunakan selama ribuan tahun karena diyakini banyak manfaatnya. Sama seperti buah, teh hijau juga sangat kaya akan antioksidan, asam amino dan L-theanine, yang dikenal dapat mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan mood. Jika dikonsumsi secara teratur, teh hijau dapat memberikan perasaan bahagia secara keseluruhan. Selain mengangkat mood, L-theanine yang ditemukan dalam teh hijau juga dapat meningkatkan memori, fokus serta kewaspadaan mental. Untukhidup sehat, dokter lagi-lagi merekomendasikan satu cangkir teh hijau setiap hari!

Air Putih

Jangan mengabaikan pentingnya air! Air penting untuk seluruh fungsi pada tubuh dan khususnya untuk mengubah makanan menjadi energi. Minum air pada saat bangun pagi untuk memulai hari Anda.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang mengandung Selenium yang tinggi, sebuah mineral yang dapat menjaga mood dan mencegah depresi. Sekecil 6 butir kacang Brazil dapat memenuhi dosis harian selenium. Makanan lain yang mengandung selenium tinggi adalah biji bunga matahari dan dedak.

Minyak Ikan

Sebuah studi di Kanada belum lama ini menemukan, perempuan pengidap depresi tingkat sedang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan selama delapan minggu merasakan kondisinya lebih baik.
Namun suplemen itu tidak membantu meringankan depresi pada perempuan yang menderita depresi tingkat berat.“Omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan mungkin mengangkat mood dengan cara meningkatkan kadar serotonin, kimia otak penyebab rasa nyaman,” kata pemimpin studi, Michel Lucas, PhD, dari Laval University, Quebec, Kanada.
Para peneliti sekarang sedang mencoba memberikan minyak ikan tersebut kepada pria pengidap depresi, yang — seperti para wanita tadi — mengonsumsi tiga kapsul sehari untuk total satu gram Omega-3 (EPA plus DHA). Ini sama dengan dosis yang dianjurkan The American Heart Association untuk orang dewasa yang berisiko terhadap penyakit jantung. Efek sampingnya, kata Lucas, tetap ada, yaitu terjadinya sendawa berbau ikan.

Lentil

Lentil (Lens culinaris) merupakan salah satu bahan makanan yang paling awal dibudidayakan. Biji-bijian berbentuk seperti lensa ini (makanya disebut lentil) diduga telah dimanfaatkan manusia sejak Zaman Perunggu, seperti yang ditemukan dari penggalian di Pulau St. Peter, Biel, Swiss. Bibel juga mencatat, Esau menjual harta warisannya demi memperoleh sepanci lentil.
Lentil mengandung lebih banyak asam folat dibanding bahan makanan lain. Asam folat -anggota keluarga vitamin B- merupakan zat gizi yang sangat penting. Wanita usia matang yang belum menopause dianjurkan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari. Segelas lentil memenuhi 90% kebutuhan harian ini. Lentil juga tinggi zat besi, yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Makan lentil bersama makanan kaya vitamin C seperti tomat, kentang, cabai hijau, brokoli, dan buah atau jus jeruk, membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Kedelai

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa rendahnya asupan folat dalam tubuh bisa memicu rasa depresi dan tidak tenang. Oleh karena itu cari sumber makanan yang memiliki folat. Contohnya, sereal, kacang polong hitam, kedelai, sawi, brokoli, biji bunga matahari, dan jeruk

Daging Unggas

Sama seperti pisang, ayam, kalkun atau daging unggas lainnya juga mengandung jumlah tinggi triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin. Selain itu, ayam dan kalkun juga sangat kaya akan tirosin, asam amino yang akan membantu tubuh untuk mengatasi stres secara lebih efisien. Selain itu, disebutkan bahwa tirosin adalah yang mencakup norepinefrin dan dopamin, dua neurotransmitter penting yang dapat mempengaruhi suasana hati. Jika Anda meningkatkan asupan tirosin, maka Anda secara otomatis akan meningkatkan mood , dan mencegah depresi dalam jangka panjang! -

Makanan sumber protein


Kacang-kacangan, ayam dan ikan semuanya merupakan sumber energi untuk jangka waktu yang cukup lama agar bisa tetap bugar. Makanan-makanan ini juga bisa menekan keinginan untuk ngemil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar