Powered By Blogger

Kamis, 30 April 2015

Studi Ini Sebut Pikiran Negatif Dapat Mempercepat Pertumbuhan Tumor Otak

Jakarta, Memiliki pikiran negatif yang dapat memicu stres memang disebut membuat sel kanker dan tumor di tubuh pasien kanker berkembang. Namun sebuah studi dari Amerika Serikat menyebut bahwa proses berpikir, baik positif maupun negatif, berkaitan dengan pertumbuhan tumor di otak.

Michelle Monje, penelitia dari Stanford University mengatakan bahwa selama ini bernapas menjadi salah satu dugaan kuat mengapa tumor dapat tumbuh. Hal ini didasari dari penelitian yang mengatakan bahwa kanker paru-paru tumbuh lebih cepat pada orang yang lebih aktif.

"Kami sebelumnya tidak menduga bahwa bernapas dapat membuat kanker di paru-paru tumbuh. Maka dari itu penelitian kami lakukan kepada proses berpikir dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan tumor di otak," tutur Monje, dikutip dari
 Foxnews, Kamis (30/4/2015).

Baca juga: Kabar Baik Bagi yang Suka Melamun, Duduk Termenung Perbaiki Fungsi Otak

Penelitian Monje dilakukan kepada beberapa ekor tikus laboratorium. Monje memasukkan glioma tumor dari manusia ke otak tikus. Setelah itu, tikus distimulasi dengan cahaya untuk menambah aktivitas otaknya.

Hasilnya, perkembangan tumor yang lebih cepat ditemukan pada 4 dari 5 ekor yang diteliti. Meski penelitian ini masih dalam tahap awal dan belum memiliki hasil yang definitif, Monje mengatakan penelitiannya bisa menjadi gerbang baru bagi pengobatan tumor otak.

"Tentu saja dengan tidak berpikir, belajar atau mendapatkan hal-hal baru bukan berarti risiko terserang tumor otak hilang. Namun saya harap penelitian ini bisa menjadi pintu gerbang baru untuk penelitian selanjutnya soal tumor di otak," paparnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa ada kaitan antara tumor otak dengan frekuensi penggunaan gadget atau telepon genggam. Ian Philips, pria berumur 43 tahun itu merupakan seorang manajer operasional di sebuah perusahaan besar menghabiskan lebih dari 100 jam hanya untuk menelepon dan menerima panggilan masuk.

Suatu hari, Ian Phillips diserang sakit kepala yang hebat. Tak kuasa menahannya, malam itu juga ia pergi ke University Hospital of Wales, Cardiff untuk memeriksakan diri. Setelah di-scan, Ian diberitahu bahwa di dalam otaknya ditemukan tumor stadium tiga, tepatnya di dekat kuping kanannya.

Baca juga: 6 Jam Pakai Ponsel Tiap Hari, Pria Ini Kena Tumor Otak(mrs/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar